Blogger Template by Blogcrowds.

D'Bijis (2007)

The Bandits adalah band rock yang lumayan nge-top di akhir tahun 80-an. Tapi, belum sempat masuk dapur rekaman, band ini terpaksa bubar. Di konser terakhir, vokalis mereka, Bonnie (Darius Sinathrya) tampil dalam keadaan mabuk dan jatuh pingsan di panggung.

13 tahun kemudian, Asti (Rianti Carthwright), adik Bonnie, berusaha menyatukan para personilnya dan menghidupkan The Bandits kembali. Bonnie ternyata sudah meninggal karena Hepatitis C.

Mulailah Asti mendatangi mantan personil The Bandits satu-persatu. Mereka sudah punya kehidupan sendiri yang jauh dari hingar-bingar dunia hiburan.

Damon (Tora Soediro) – gitaris – menjadi bartender di sebuah bar dangdut. Awalnya Damon pesimis dan enggan bergabung kembali dengan The Bandits. Penampilannya masih a la rocker – rambut gondrong, bertato dan jeans robek-robek.

Mereka berdua mendatangi Gendro (Indra Birowo), pemain druma. Gendro tidak lagi gondrong dan berantakan, malah ia berpenampilan rapi seperti pekerja kantoran. Gendro sudah menikah. Rumah tangganya kerap diisi dengan pertengkaran dengan istrinya yang galak. Ia sekarang menjalani usaha MLM. Dengan bersemangat, Gendro mau bergabung dengan Damon dan Asti agar bisa jauh dari istrinya yang pemarah.

Selanjutnya, Asti dan Damon mencari Solja (Ruli Lubis), pemain keyboard di kawasan Pecinan. Tapi yang mereka ditemui adalah sosok laki-laki yang hanya duduk di depan tv sambil makan, dan tidak menyahut ketika disapa.

Kejutan buat mereka bertambah ketika mencari Bule. Bule benar-benar tidak seperti Bule yang mereka kenal dulu. Ternyata Bule sudah ‘berubah’ menjadi Yanti dan mangkal di Taman Lawang. Membujuk Bule untuk bergabung juga tidak mudah, karena ia harus minta iji dengan Mas Anang-nya (Arawin Pepinte) – ‘suami’nya.

Akhirnya, mereka bisa berkumpul dan berlatih kembali. Tapi, ternyata gak semudah itu menghidupkan The Bandits kembali. Selain udah gak ada ‘feel’ di antara mereka, The Bandits gak punya vokalis. Maka mereka pun mengadakan audisi yang hasilnya gagal. Lalu, kerap terjadi pertengkaran di antara mereka – Bule yang menuduh Damon mau jadi leader, Asti yang meminta aransemen musik dirubah, atau Damon yang sering bersikap sinis. Belum lagi masalah pribadi mereka masing-masing – Bule yang kangen dengan Mas Anang-nya, Gendro yang baru tahu istrinya hamil, serta Asti yang dulu ternyata pernah naksir Bule dan Damon yang diam-diam suka sama Asti.

Kenangan masa lalu dan bayangan Bonnie membuat mereka mengalahkan ego masing-masing dan bersatu.

Darius di film ini hanya muncul sekilas-sekilas. Gue paling suka tokoh Bule, rocker tapi ganjen. Indra Birowo, mmm… lumayanlah memerankan rocker yang biasanya garang tapi berubah jadi pria takut istri. Tora Soediro… rada gak cocok dengan rambut gondrongnya, ketolong dengan tato dan badannya yang gede.

Bagian favorit gue adalah adegan pas Damon dan Gendro ketemu Bule lagi, sama adegan nyanyi-nyanyi ‘norak’ Bule alias Yanti sama Mas Anang yang bergaya seperti Krisdayanti dan Anang yang jadi ‘panutan’ mereka. Mas Anang ini mirip banget sama Anang yang asli.

Photo source: www.dbijis.com

0 comments:

Newer Post Older Post Home