Blogger Template by Blogcrowds.

Sunshine (2007)

If the sun dies, so do we

8 orang astronot berangkat dengan pesawat ruang angkasa menuju matahari. Misi mereka adalah menyelamatkan matahari yang sedang sekarat. Bumi dilanda kegelapan dan begitu dingin. Di dalam pesawat itu mereka membawa sejenis bom yang akan dilontarkan ke matahari agar matahari bisa kembali berfungsi seperti semula.

Kedelapan astronot itu adalah Cassie (Rose Byrne), Searle (Cliff Curtis), Mace (Chris Evans), Harvey (Troy Garity), Capa (Cilian Murphy), Kaneda (Hiroyuki Sanada), Trey (Benedict Wong) dan Corazon (Michelle Yeoh)

Sebelum mereka, sudah ada sekelompok astronot yang berangkat dengan misi yang sama, yaitu Icarus I. Tapi, mereka hilang dan tidak ada yang tahu bagaimana nasib kelompok pendahulu mereka. Tentu saja para astronot dalam Icarus II ini sadar, kalau misi ini tidak berhasil, kemungkinan mereka akan mengalami nasib yang sama dengan Icarus I.

Icarus II dipimpin oleh Kapten Kaneda. 7 orang lainnya mempunyai tanggung jawab masing-masing di dalam misi ini. Misalnya, Corazon, ahli biologi yang bertanggung jawab pada penyediaan oksigen dalam pesawat itu. Ia membuat sebuah kebun yang tumbuh subur di dalam pesawat.

Ketegangan terus melanda para awak pesawat. Misi mereka jelas tidak main-main. Perlu perhitungan waktu yang tepat, dan segala macam perhitungan lain yang harus tepat agar mereka bisa pulang kembali ke bumi dengan selamat.
Searle: We are only stardust
Trey ditugaskan untuk melakukan penghitungan tersebut, karena waktu untuk menembakkan bom ke matahari sudah dekat. Trey menghitung sudut, koordinat yang diperlukan bagi pesawat agar bisa melontarkan bom dengan tepat. Tapi, ternyata, Trey lupa mengoreksi koordinat sudut sayap pelindung. Kesalahan yang sangat vital dan mengakibatkan kerusakan pada badan pesawat. Trey frustasi dengan kesalahan yang ia buat.

Akhirnya, dua orang astronot harus pergi keluar dari pesawat untuk memperbaiki badan pesawat yang rusak. Mereka adalah Kapten Kaneda dan Capa – yang juga bertanggung jawab pada pelaksanaan pelontaran bom nantinya.

Akibat dari kerusakan pesawat itu, Trey stress berat dan terpaksa dibius untuk menghindari kecenderungan bunuh diri. Berita baiknya, mereka menemukan pesawat Icarus I dan para laki-laki, Searle, Mace, Capa, dan Harvey masuk ke Icarus I untuk menyelidiki penyebab hilangnya kontak Icarus I dengan bumi.

Lagi-lagi di sini ada ketegangan, karena tiba-tiba saja pintu penghubung Icarus I dan Icarus II tertutup. Salah satu awak pesawat harus berkorban demi keselamatan teman-temannya yang lain.

Kerusakan pesawat juga mengakibatkan kebun penyedia oksigen terbakar habis. Para awak mengalami krisis oksigen. Oksigen yang tersisa sampai saat peluncuran bom dan untuk kembali pulang hanya cukup untuk 4 orang.

Capa: So if you wake up one morning and it's a particularly beautiful day, you'll know we made it

Kalo nonton film seperti ini, nih, contohnya Armageddon atau apa deh yang sejenis, yang ceritanya tentang misi keluar angkasa, kita sudah bisa memperkirakan, pasti ada awak yang akan meninggal, ada yang mengorbankan diri, ada yang bakal jadi pahlawan. Dan misi ini akan berakhir dengan dua kemungkinan, berhasil tapi ada awak yang meninggal, atau berhasil tapi tidak ada satupun astronot yang bisa kembali ke bumi dengan selamat.

Endingnya sedikit ketebak, tapi, banyak bagian yang menurut gue rada aneh. Bagian yang keren adalah waktu kedelapan astronot masih lengkap dan mereka sama-sama nonton matahari dan merkurius. Indah banget…

0 comments:

Newer Post Older Post Home